Selasa, 10 Oktober 2017

Hisnul Muslim


Hisnul Muslim (Arab: حصن المسلم; Hishnu al-Muslim) atau lengkapnya "Hishnul Muslim min Adzkaril Kitabi Was Sunnah" yang dalam bahasa Indonesia berarti "Benteng/Perisai Seorang Muslim" sebuah buku yang disusun oleh Sa'id bin 'Ali bin Wahf Al-Qahthani. 

Buku saku (kutaib) yang begitu populer dan telah diterjemahkan kedalam berbagai bahasa di seluruh dunia ini berisikan kumpulan Doa, Zikir, Wirid sehari-hari yang dianggap penting bagi kaum Muslimin untuk menghafal dan mengamalkannya.

Buku saku ini diberi nama Perisai/Benteng karena dengan mengamalkan isinya seorang Muslim dapat terlindungi sepanjang hari seperti ketika sesorang berlindung di dalam Benteng atau dibalik perisai. Doa-doa yang termuat di dalamnya mencakup seluruh kegiatan seseorang mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali. Sumber Doa dan Zikir di dalam buku ini hanya berasal dari Hadits-hadits Nabi dari Kitab Induk Hadits dengan riwayat yang shahih saja tanpa memasukkan Doa karangan seseorang ulama tertentu. 

Diantaranya wirid yang terkenal seperti: Zikir-zikir ketika Bangun Tidur, Bacaan Salat, Zikir Setelah Salat, Zikir Pagi Petang, Doa Masuk WC, Doa Penguburan Jenazah dan doa-doa yang lainnya sampai berjumlah sekitar 130-an Doa, Zikir dan Wirid. Buku saku ini telah diberi komentar dalam sebuah buku penjelasan dan penjabaran (Syarh) dengan judul Syarah Hisnul Muslim oleh Majdi bin 'Abdil Wahhab Ahmad.

Tidak ada komentar: